Selasa, 01 September 2015

KUAKAP.COM - Daftar Peristiwa Penting Di Bulan September Mulai Tanggal 1-30 September, logo google hari ini masih tetap Logo Pertandinga US open Tennis 2015,pada kalender bulan ke 9 ini ada 30 hari,beberapa peristiwa penting dalam catatan sejarah indonesia maupun dunia ternyata sangat mudah ditemukan di internet,nah kali ini kami rangkum beberapa peristiwa itu menjadi satu,termasuk kelahiran seorang tokoh nasional maupun internasional serta profil dan biodata biografi hidup singkat mereka semua.

Dibulan Sepetember ini ada juga Hari Merdeka / Pembebasan Negara dari Penjajah,selain itu ada Event Hari Spesial sebuah Festival Unik Dan Bisa di Jadikan sebagai Objek Wisata.silahkan simak hari penting itu dibawah ini.

Berikut ini Kumpulan Daftar List Hari Penting Di Bulan September
image copyright from gallerylanguages.net
image copyright from gallerylanguages.net

1 September
1715 - The "Sun Raja" (Raja Louis XIV dari Perancis) meninggal. Dia telah memerintah sejak usia lima dan digantikan oleh 5 tahun besar-cucunya Louis XV.
1939 - Pada 05:30, tentara Hitler menginvasi Polandia mulai Perang Dunia II di Eropa.
1969 - perwira militer menggulingkan pemerintah Libya. Republik Arab Libya kemudian memproklamirkan bawah Kolonel Muammar Gaddafi.
1983 - Korean Air Lines Penerbangan 007 ditembak jatuh oleh jet tempur Rusia sementara pada rute dari New York ke Seoul, menewaskan semua 269 orang di kapal. Boeing 747 dilaporkan tersesat 100 mil dari jalur lebih instalasi militer rahasia Soviet Rusia pada Semenanjung Kamchatka dan Sakhalin Island. Jatuh di Laut Jepang.
Ulang Tahun - Tarzan of the Apes pencipta Edgar Rice Burroughs (1875-1950) lahir di Chicago. Sebelum menjadi novelis, ia sebagai koresponden untuk Los Angeles Times.
Ulang Tahun - Tinju champ Rocky Marciano (1923-1969) lahir di Brockton, Massachusetts (sebagai Rocco Francis Marchegiano). Dia berjuang Jersey Joe Walcott untuk gelar kelas berat pada tanggal 23 September, 1952, dan mengetuk dia keluar. Pada tahun 1956, ia pensiun sebagai satu-satunya juara kelas berat tak terkalahkan. Dia meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tahun 1969.

2 September  
31 SM - Legiun Romawi di bawah Kaisar Agustus mengalahkan kekuatan angkatan laut Mark Anthony di Actium.
1666 - The Kebakaran Besar London dimulai pada roti di Pudding Lane dekat menara. Selama tiga hari berikutnya lebih dari 13.000 rumah hancur, meskipun hanya enam kehidupan diyakini hilang.
1752 - The British berakhir mereka menggunakan kalender Julian, beralih bukan untuk kalender Gregorian, yang mengakibatkan penyesuaian besar sebagai Rabu , diikuti pada hari Kamis, 14 September Koreksi mengakibatkan kerusuhan oleh orang-orang yang merasa ditipu dan menuntut hari sebelas hilang kembali.
 1789 - Departemen kabinet Presiden ketiga, Departemen Keuangan Amerika Serikat, didirikan oleh Kongres.
 1864 - Selama Perang Saudara Amerika, Atlanta ditangkap oleh Angkatan Darat Sherman. "Atlanta adalah milik kita, dan cukup menang," Jenderal William T. Sherman telegram Presiden Lincoln.
 1870 - Napoleon III menyerah kepada Prusia selama Pertempuran Sedan, mengakibatkan jatuhnya Kekaisaran Perancis Kedua.
 1923 - Pemilu pertama diadakan di Negara Bebas Irlandia setelah mencapai kemerdekaan dari Inggris.
 1930 - penerbang Perancis Dieudonne Coste dan Maurice Bellonte membuat pertama non-stop penerbangan dari Eropa ke Amerika Serikat.
Tanggal  1945 - Presiden Harry Truman menyatakan VJ Day (Hari Kemenangan atas Jepang) memperingati Jepang menyerah kepada Sekutu resmi kapal USS Missouri di Tokyo Bay.
 1945 - Ho Chi Minh memproklamasikan kemerdekaan Vietnam dan pembentukan Republik Demokratik Vietnam.
 1962 - Soviet Rusia setuju untuk mengirim senjata ke Kuba, yang mengarah ke Krisis Misil Oktober setelah pengiriman ditemukan oleh AS
 1963 - Gubernur Alabama George Wallace paksa dihentikan integrasi sekolah umum dengan melingkari Tuskegee SMA dengan polisi negara bagian.
Ulang Tahun - Christa McAuliffe (1948-1986) lahir di Boston (sebagai Sharon Christa Corrigan). Pada tanggal 28 Januari 1986, guru SMA 37 tahun, yang pertama "warga biasa" dalam ruang, meninggal dengan enam anggota awak dalam ledakan Space Shuttle Challenger.

3 September  
1783 - Perjanjian Paris ditandatangani oleh John Adams, Ben Franklin dan John Jay, secara resmi mengakhiri Perang Revolusi Amerika antara Inggris dan Amerika Serikat.
1833 - Surat kabar New York Sun pertama kali muncul, menandai awal dari 'sen pers,' koran murah dijual di trotoar oleh surat kabar anak laki-laki. Makalah ini difokuskan pada kisah-kisah kemanusiaan dan sensasionalisme dan oleh 1836 adalah penjual terbesar di Amerika dengan sirkulasi 30.000.
1838 - Pemimpin Anti-perbudakan Frederick Douglass mulai melarikan diri dari perbudakan oleh naik kereta api di Baltimore berpakaian sebagai seorang pelaut. Dia naik ke Wilmington, Delaware, di mana ia menangkap kapal uap ke kota bebas dari Philadelphia, kemudian mengambil kereta api ke New York City di mana ia berada di bawah perlindungan jaringan Kereta Api Bawah Tanah.
1939 - Inggris dan Perancis menyatakan perang terhadap Nazi Jerman setelah invasi Polandia dua hari sebelumnya.
1943 - Italia menandatangani gencatan senjata dengan Sekutu selama Perang Dunia II di Eropa sebagai Kedelapan Angkatan Darat Inggris, diperintahkan oleh Jenderal Bernard Montgomery, menyerbu daratan Italia dari Sisilia.

4 September
1609 - Pulau Manhattan ditemukan oleh navigator Henry Hudson.
1781 - Los Angeles didirikan oleh Gubernur Spanyol dari California, Felipe de Neve, dekat lokasi desa asli Amerika dari Yang-na. Nama aslinya adalah El Pueblo de la Reina de Los Angeles (The Town Ratu Malaikat).
1886 - Perang AS-India besar terakhir berakhir sebagai Geronimo ditangkap. Dia meninggal karena sakit pada tahun 1909 di Fort Sill, Oklahoma.
Ulang Tahun - komposer Austria Anton Bruckner (1824-1896) lahir di Ansfelden, Austria. Terkenal karena monumental sepuluh simfoni.

5 September 
1774 - Pertama Kongres Kontinental dirakit di Philadelphia dengan 56 delegasi, mewakili setiap koloni, kecuali Georgia. Petugas termasuk Patrick Henry, George Washington, Sam Adams dan John Hancock.
September 5-6, 1972 - Sebelas anggota Tim Olimpiade Israel tewas dalam serangan di Desa Olimpiade di Munich oleh anggota Fraksi Black September Tentara Pembebasan Palestina. Jet Israel membom posisi maka Palestina di Lebanon dan Suriah sebagai balasan atas 1972.
1975 - Yang pertama dari dua pembunuhan upaya September Presiden Gerald Ford terjadi sebagai seorang wanita menunjuk pistol pada Presiden di Sacramento, California. Dua minggu kemudian, usaha kedua terjadi sebagai wanita lain melepaskan tembakan di Ford di San Francisco. Ford tidak dirugikan dalam insiden baik.
1997 - Ibu Teresa meninggal di Calcutta pada usia 87, setelah kehidupan pekerjaan baik menghabiskan membantu orang sakit dan miskin di India melalui Misionaris nya agar Charity.
Ulang Tahun - Legenda Wild West Jesse James (1847-1882) lahir di Centerville, Missouri. Setelah Perang Saudara Amerika, Jesse dan saudaranya Frank membentuk kelompok penjahat, merampok bank, kereta api, stagecoaches dan toko. Pada tahun 1882, setelah Gubernur Missouri menawarkan hadiah $ 10.000 untuk mereka mati menangkap atau hidup, anggota geng ditembak Jesse 34 tahun di belakang kepala dan mengklaim hadiah.
Ulang Tahun - produser Film Darryl Zanuck F. (1902-1979) lahir di Wahoo, Nebraska. Ia mendirikan 20th Century Studios, yang kemudian bergabung dengan Fox. Film-filmnya termasuk gambar pertama Suara Jazz Singer, dan juga The Snake Pit dan The Grapes of Wrath.

6 September  
1991 - Leningrad berganti nama Saint Petersburg oleh legislator Rusia setelah runtuhnya Uni Soviet. Kota terbesar kedua Rusia telah dikenal sebagai Leningrad selama 67 tahun untuk menghormati Vladimir Lenin, pendiri Uni Soviet.
Ulang Tahun - Marquis de Lafayette (1757-1834) lahir di Chavaniac, Perancis (sebagai Marie-Joseph-Paul-Yves-Roch-Gilbert du Motier). Dia datang ke Amerika pada tahun 1777 untuk menjadi sukarelawan dalam Revolusi Amerika, dimulai persahabatan panjang dengan George Washington. Dia kemudian membujuk Louis XVI dari Perancis untuk mengirim pasukan 6.000-pria untuk membantu orang Amerika. Lafayette diberi komando tentara di Virginia dan berperan penting dalam memaksa Cornwallis menyerah di Yorktown, yang mengarah ke kemenangan Amerika.
Ulang Tahun - Merintis pekerja sosial Amerika Jane Addams (1860-1935) lahir di Cedarville, Illinois. Pada tahun 1883, ia melakukan tur kota-kota besar Eropa untuk mempelajari situs-situs bersejarah yang terkenal tapi sangat terharu oleh kelaparan dan kesengsaraan ia menemukan di kalangan rakyat biasa. Dia kemudian mendirikan Hull House di Chicago untuk melayani orang sakit dan miskin dan dikelola penyelesaian untuk 46 tahun ke depan.

7 September
1822 - Brasil menyatakan kemerdekaannya dari Portugal setelah 322 tahun sebagai jajahan.
1940 - Jerman Luftwaffe mulai kampanye pemboman Blitz terhadap London selama Perang Dunia II.
1986 - Uskup Desmond Tutu menjadi Uskup Agung Cape Town, Afrika Selatan, kepala hitam pertama Anglikan Afrika Selatan.
1994 - Tentara AS ditutup kantor pusat di Berlin, mengakhiri kehadiran militer Amerika di kota sekali-dibagi setelah hampir setengah abad.
1999 - Untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II, parlemen Jerman, Bundestag, kembali ke Berlin, bekas ibukota Kekaisaran Jerman serta Hitler. Bundestag diadakan sesi pertama di gedung Reichstag sepenuhnya pulih, dihadiri oleh anggota parlemen dari seluruh dunia. Sesi ini juga menandai ulang tahun ke-50 sesi pasca-perang pertama Bundestag, yang diadakan di Bonn, bekas ibukota Jerman Barat.
Ulang Tahun - Ratu Elizabeth I (1533-1603) lahir di Greenwich Palace. Dia adalah putri dari Raja Henry VIII dan Anne Boleyn. Dia naik tahta pada tahun 1558 pada usia 25. Selama pemerintahannya, Inggris menjadi kekuatan dunia dengan mengalahkan Armada Spanyol. Gereja Anglikan juga sepenuhnya didirikan.

8 September
1565 - Penyelesaian Katolik pertama di Amerika didirikan oleh pembalap Spanyol Don Pedro Menendez de Aviles di St. Augustine, Florida.
1883 - The Northern Pacific Railroad seluruh AS selesai.
1900 - Sebuah badai dengan kecepatan angin 120 mph melanda Galveston, Texas, menewaskan lebih dari 8.000 orang, sehingga bencana alam terburuk dalam sejarah AS. Badai dan gelombang pasang yang diikuti menghancurkan lebih dari 2.500 bangunan.
1935 - Louisiana Senator Huey P. panjang ditembak dan terluka parah saat menghadiri sesi dari negara DPR di Baton Rouge, Louisiana. Dia meninggal dua hari kemudian.
1941 - Tentara Jerman mulai blokade dari Leningrad, yang berlangsung sampai Januari 1944, yang mengakibatkan kematian dari hampir satu juta warga sipil Rusia.
1974 - Sebulan setelah mengundurkan diri presiden dalam aib akibat skandal Watergate, Richard Nixon diberikan pengampunan penuh oleh Presiden Gerald R. Ford untuk semua pelanggaran yang dilakukan saat di kantor.

9 September
1970 - Peluncuran Indomie.
1776 - Amerika Serikat muncul sebagai Kongres Kontinental mengubah nama negara Amerika baru dari koloni Inggris.
1943 - Invasi Salerno mulai selama Perang Dunia II di Eropa saat pasukan Sekutu di bawah Jenderal Mark Clark membuat pendaratan amfibi di sepanjang pantai barat Italia dekat Naples. Keuntungan awal oleh Sekutu bertemu perlawanan yang kuat dari pasukan Jerman.
1948 - Menyusul penarikan pasukan Soviet dari Korea Utara, Republik Demokratik Rakyat Korea diproklamasikan dengan Pyongyang sebagai ibukotanya.
1976 - pemimpin Lama dari Komunis Cina, Ketua Mao Zedong, meninggal. Sebagai seorang prajurit revolusioner Cina dan negarawan, ia telah diberitakan Republik Rakyat Cina pada tahun 1949 di Beijing.
1993 - Israel dan PLO (Organisasi Pembebasan Palestina) sepakat untuk mengenali satu sama lain, membuka jalan bagi kemungkinan akhir damai untuk konflik seratus tahun antara orang Arab dan Yahudi di Timur Tengah.

10 September
1950 - ULTAH Joe Perry, Gitaris grup musik rock Aerosmith.
1912 - Sarekat Dagang Islamiyah, di bawah pimpinan Tjokroaminoto, berganti nama menjadi Sarekat Islam.
1898 - Elizabeth, Ratu Austria-Hungaria, dibunuh di Jenewa oleh anarkis.
1977 - Guillotine terakhir kali digunakan sebagai alat hukuman mati saat Hamida Djandoubi dieksekusi di Marseille.
1919 - Menyusul kekalahan Jerman di Perang Dunia I, Sekutu yang menang menandatangani Perjanjian Saint-Germain menyerahkan bagian dari pra-perang Jerman-Austria ke Italia dan Cekoslowakia. Austria juga dilarang untuk bersatu dengan Jerman.
1943 - pasukan Hitler menduduki Roma dan mengambil alih perlindungan Vatican City.

11 September
1941 - Gedung The Pentagon di Amerika Serikat mulai dibangun
Hari Radio Republik Indonesia (RRI)
2001 - Serangan teroris terburuk dalam sejarah AS terjadi empat jet penumpang besar yang dibajak kemudian jatuh, menewaskan hampir 3.000 orang. Empat tim yang berbeda dari Timur Tengah teroris, operasi dari dalam AS, naik penerbangan pagi menyamar sebagai penumpang, maka paksa dikomandoi pesawat. Dua sepenuhnya berbahan bakar jet jumbo, American Airlines Penerbangan 11 yang membawa 92 orang dan United Airlines Penerbangan 175 yang membawa 65 orang, telah berangkat Boston untuk Los Angeles. Kedua jet dialihkan oleh pembajak ke New York City di mana mereka diujicobakan ke menara kembar World Trade Center. Dampak dan api berikutnya menyebabkan kedua 110-cerita menara runtuh, menewaskan 2.752 orang termasuk ratusan petugas penyelamat dan orang-orang yang bekerja di menara. Selain itu, United Airlines Penerbangan 93, yang telah berangkat Newark San Francisco, dan American Airlines Penerbangan 77, yang telah berangkat Dulles (Virginia) untuk Los Angeles, yang dibajak. Penerbangan 77 dengan 64 orang di dalamnya dialihkan ke Washington, DC, kemudian dikemudikan ke gedung Pentagon, membunuh semua orang di kapal dan 125 personil militer di dalam gedung. Penerbangan 93 dengan 44 orang di dalamnya juga dialihkan ke arah Washington tapi menabrak lapangan di Pennsylvania setelah penumpang berusaha untuk mengalahkan teroris di papan.
Ulang Tahun - Ferdinand Marcos (1917-1989) lahir di Sarrat, Filipina. Dia memerintah Filipina dari tahun 1966, memberlakukan rezim otoriter sampai ia digulingkan pada tahun 1986.

12 September  
1943 - Mantan Italia Dictator Benito Mussolini diselamatkan oleh pasukan Jerman pada perintah dari Adolf Hitler. Mussolini ditahan tahanan oleh otoritas Italia setelah runtuhnya rezim fasis nya.
1953 - John F. Kennedy, 36, menikah Jacqueline Bouvier, 24, dalam sebuah upacara sebelum 750 tamu undangan di Gereja St. Mary di Newport, Rhode Island, yang dilakukan oleh Uskup Agung Richard Cushing dari Boston.
1953 - Nikita Khrushchev terpilih Sekretaris Pertama Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet.
1974 - Haile Selassie, Kaisar Ethiopia, digulingkan oleh kudeta militer setelah 44 tahun sebagai penguasa.
1977 - Steve Biko, pemimpin hak-hak sipil kulit hitam Afrika Selatan, meninggal saat ia berada di tahanan polisi.
1990 - Sebuah perjanjian ditandatangani oleh Jerman Barat dan Timur dan Sekutu Perang Dunia II memungkinkan untuk pemulihan kedaulatan untuk re-bersatu Jerman.
Ulang Tahun - Afrika atlet Olimpiade Amerika Jesse Owens (1913-1980) lahir di Oakville, Alabama (sebagai James Cleveland Owens). Dia memenangkan empat medali di trek dan lapangan di Olimpiade 1936 di Berlin, mengalahkan Nazi atlet dan pemimpin Nazi Adolf Hitler mengecewakan.

13 September  
1788 - Kongres AS memilih New York sebagai ibukota Federal pemerintah Amerika yang baru.
1814 - Pertempuran Fort Henry di Baltimore Harbor terjadi, diamati oleh Francis Scott Key di atas kapal laut. Ia menyaksikan serangan Inggris semalam dan saat fajar melihat bendera Amerika masih terbang di atas benteng, menginspirasinya untuk menulis ayat-ayat yang kemudian digabungkan dengan lagu dari minum lagu populer dan menjadi US National Anthem pada tahun 1931.
1971 - Polisi Negara dan National Guard menyerbu Attica penjara di New York State berakhir pemberontakan lima hari narapidana. Tiga puluh satu tahanan dan 11 penjaga tewas.
Ulang Tahun - dokter Angkatan Darat Amerika Walter Reed (1851-1902) lahir di Gloucester County, Virginia. Terkenal karena penelitian Yellow Fever, ia menjabat sebagai seorang ahli bedah tentara selama lebih dari 20 tahun. Rumah sakit umum Angkatan Darat AS di Washington, DC, dinamai untuk menghormatinya.
Ulang Tahun - Angkatan Darat Jenderal John J. Pershing (1860-1948) lahir di Laclede, Missouri. Dia memerintahkan Amerika Expeditionary Force (AEF) selama Perang Dunia I dan mengawasi operasi Meuse-Argonne yang membantu membawa tentang gencatan senjata dari November 11, 1918.

14 September  

1741 - Komposer George Frederick Handel Messiah selesai setelah bekerja di atasnya tanpa henti selama 23 hari.
1812 - Napoleon dan pasukannya pertama kali memasuki Moskow sebagai Rusia mundur mengatur kota terbakar. Napoleon menemukan itu tidak mungkin untuk tetap melalui musim dingin di kota hancur. Dia kemudian mulai mundur dari Moskow yang menjadi salah satu bencana besar dalam sejarah militer. Kurang dari 20.000 asli 500.000 orang dengan dia selamat dari kampanye Rusia.
1901 - Delapan hari setelah ditembak, Presiden William McKinley meninggal karena luka-luka yang diderita selama percobaan pembunuhan di Buffalo, New York. Ia digantikan oleh Theodore Roosevelt.
1927 - Di Nice, Prancis, penari balet terkenal Isadora Duncan tewas dalam kecelakaan aneh sebagai syal panjang yang dikenakannya tersangkut di roda bergerak dari mobil di mana ia mengendarai, mencekiknya.
1930 - Partai Nazi menjadi partai terbesar kedua di Jerman setelah kemenangan pemilu menakjubkan oleh Adolf Hitler.
1960 - Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dibentuk oleh perwakilan dari negara-negara penghasil minyak pertemuan di Baghdad.
1975 - Elizabeth Ann Seton menjadi santo Amerika pertama.
1982 - Putri Grace dari Monaco meninggal setelah kecelakaan di mana mobilnya terjun dari jalan gunung di Monte Carlo. Putrinya Stephanie, juga di dalam mobil, selamat dan dirawat karena shock dan memar. Putri Grace (Grace Kelly) adalah seorang aktris Hollywood yang bertemu Pangeran Rainier III dari Monako selama syuting film Hitchcock Untuk Menangkap Pencuri. Dia kemudian menyerah karir akting yang sukses dan menikah dengannya pada tahun 1956.

15 September
1776 - pasukan Inggris di bawah Jenderal William Howe ditangkap New York selama Revolusi Amerika.
1916 - Tank pertama kali digunakan dalam pertempuran, dalam serangan Sekutu di Pertempuran Somme, dalam Perang Dunia I.
1935 - Nazi diberlakukan Hukum Nuremburg merampas Yahudi Jerman hak-hak mereka sebagai warga negara.
1940 - Ketinggian Pertempuran Inggris terjadi serangan udara Jerman sebagai besar berlangsung terhadap London, Southampton, Bristol, Cardiff, Liverpool dan Manchester. Inggris mengklaim 185 pesawat Jerman yang ditembak jatuh.
1944 - Masuknya pertama pasukan Amerika ke Hitler Jerman terjadi sebagai elemen dari 7 AS dan 5 Korps mencapai perbatasan barat daya Jerman.
Ulang Tahun - novelis Amerika, sejarawan dan kritikus sosial, James Fenimore Cooper (1789-1851) lahir di Burlington, New Jersey. Terbaik dikenal untuk The Last of the Mohicans.
Ulang Tahun - William Howard Taft (1857-1930) 27 Presiden AS lahir di Cincinnati, Ohio. Ia menjabat sebagai President sejak 1909-1913, kemudian menjadi profesor hukum di Universitas Yale hingga diangkat sebagai Ketua Mahkamah Mahkamah Agung AS pada tahun 1921.
Ulang Tahun - misteri British penulis Agatha Christie (1890-1976) lahir di Torquay, Inggris. Dia menulis hampir seratus buku termasuk misteri, drama, puisi dan nonfiksi.

16 September  
1620 - The Mayflower kapal berangkat dari Inggris, menuju Amerika dengan 102 penumpang dan kru kecil. Kapal cuaca badai Atlantik berbahaya dan mencapai Provincetown, Massachusetts pada tanggal 21 November. The Pilgrims turun di Plymouth pada tanggal 26 Desember.
1810 - istirahat Meksiko dari Spanyol mulai di kota Dolores Hidalgo sebagai Bapa Miguel Hidalgo y Costilla membunyikan lonceng gereja dan mendesak India lokal untuk "pulih dari orang-orang Spanyol membenci tanah dicuri dari nenek moyangmu ..."
1908 - General Motors didirikan oleh pengusaha William Crapo "Billy" Durant di Flint, Michigan.
1976 - Gereja Episkopal di AS menyetujui pentahbisan imam wanita dan uskup.
1982 - Awal dari pembantaian dua hari di kamp-kamp pengungsi Palestina di Beirut Barat sebagai milisi Kristen (Falangis) masuk Sabra dan Shatila dan mulai menembak ratusan warga Palestina, termasuk laki-laki tua, perempuan dan anak.

17 September
1787 - Pada Konvensi Konstitusi di Philadelphia, delegasi dari dua belas negara sepakat untuk menyetujui Konstitusi AS yang diusulkan.
1862 - Hari paling berdarah dalam sejarah militer AS terjadi sebagai General Robert E. Lee dan tentara Konfederasi dihentikan di Antietam di Maryland oleh Jenderal George B. McClellan dan pasukan Uni numerik unggul. Menjelang senja, 26.000 orang mati, terluka, atau hilang.
1908 - The kematian pertama yang melibatkan pesawat bertenaga terjadi sebagai biplan dikemudikan oleh Orville Wright jatuh dari ketinggian 75 kaki, membunuh Letnan Thomas E. Selfridge, penumpang 26 tahun lamanya. Sebuah kerumunan hampir 2.000 penonton di Fort Myer, Virginia, mengamati jatuhnya pesawat yang sedang diuji untuk penggunaan militer mungkin. Wright sendiri terluka parah.
17 September 1939 - Soviet Rusia menginvasi Timur Polandia, bertemu sedikit perlawanan dan mengambil lebih dari 200.000 Polandia tahanan. Hal ini dilakukan sesuai dengan Pakta Nazi-Soviet di mana Nazi dan Soviet telah ditentukan sebelumnya bagaimana mereka akan membagi Polandia.
Ulang Tahun - Hakim Agung Warren E. Burger (1907-1995) lahir di St Paul, Minnesota. Ditunjuk oleh Presiden Nixon, ia memiliki masa jabatan terpanjang (1969-1986) dari setiap Hakim Agung di abad ke-20. Pada tahun 1973, ia sebagai di sebagian pada Roe vs Wade yang menjunjung tinggi hak perempuan untuk melakukan aborsi. Pada tahun 1974, ia memutuskan untuk memaksa Nixon menyerah Gedung Putih kaset audio ke Watergate jaksa khusus.

18 September  
1977 - Voyager I mengambil foto angkasa pertama Bumi dan Bulan.
1810 - Chili mendeklarasikan kemerdekaannya dari Spanyol setelah 269 tahun sebagai jajahan.
1947 - Angkatan Udara AS didirikan sebagai layanan militer yang terpisah.
1970 - Jimi Hendrix, pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock, meninggal overdosis di usia 27 tahun.
Chili - Hari Kemerdekaan (dari Spanyol, 1810)
Ulang Tahun - Aktris Film Greta Garbo (1905-1990) lahir di Stockholm, Swedia (sebagai Greta Lovisa Gustafsson). Dia pensiun dan menjadi pertapa setelah membuat 27 film, yang mencakup era diam melalui awal film suara.

19 September
1676 - Jamestown, Virginia, diserang dan dibakar selama pemberontakan yang dipimpin oleh Nathaniel Bacon terhadap Gubernur Royal, Sir William Berkeley.
1893 - Selandia Baru menjadi negara pertama yang memberikan hak pilih perempuan.
September 19-20, 1985 - Gempa bumi di Mexico City menewaskan diperkirakan 5.000 hingga 20.000 orang dan menyebabkan lebih dari 100.000 kehilangan tempat tinggal, menyebabkan $ 4 miliar pada kerusakan. Gempa terdaftar 8.1 dan 7.5 pada skala Richter.
1994 - tentara AS menyerbu Haiti, dengan tujuan yang dinyatakan memulihkan demokrasi.
Saint Kitts dan Nevis - Hari Kemerdekaan (dari Britania Raya, 1983)
1945 - Insiden Hotel Yamato: Rakyat Surabaya menurunkan dan merobek Bendera Belanda (merah-putih-biru) yang berkibar di atap Hotel Yamato, Surabaya, Jawa Timur, kemudian mengibarkannya kembali sebagai Bendera Indonesia (merah-putih), setelah membuang bagian berwarna birunya.
Ulang Tahun - penulis Inggris William Golding (1911-1993) lahir di Cornwall, Inggris. Paling dikenal untuk Lord of the Flies, ia menerima Hadiah Nobel pada tahun 1983.

20 September
1187 - Salahuddin Al-Ayyubi mengepung Yerusalem.
1873 - The New York Stock Exchange terpaksa ditutup untuk pertama kalinya dalam sejarah sebagai akibat dari krisis perbankan selama Panic keuangan 1873.
1973 - The banyak-hyped "Pertempuran Jenis Kelamin" berlangsung di Houston Astrodome sebagai pemain tenis dan aktivis hak-hak perempuan, Billie Jean King, mengalahkan gadungan chauvinis pria Bobby Riggs dalam tiga set langsung. Riggs, juara tenis pensiun, telah kritis terhadap kualitas tenis wanita.
1989 - FW De Klerk dilantik sebagai presiden Afrika Selatan. Dia mulai era reformasi yang ditujukan untuk mengakhiri apartheid dan digantikan oleh Nelson Mandela.

21 September  
International - Hari Perdamaian Sedunia (World Peace Day)
1949 - Republik Rakyat Cina diproklamasikan oleh para pemimpin komunis.

22 September
car free day = Hari Bebas Mobil
1776 - Selama Revolusi Amerika, Nathan Hale dieksekusi tanpa pengadilan setelah ia tertangkap memata-matai pasukan Inggris di Long Island, kata-kata terakhirnya, "Saya hanya menyesal bahwa saya memiliki satu kehidupan kehilangan untuk negara saya."
1828 - Shaka, kepala Zulu dan pendiri kekaisaran Zulu, dibunuh oleh dua setengah-saudaranya.
1862 - Presiden Abraham Lincoln mengeluarkan Proklamasi Emansipasi awal membebaskan budak di wilayah yang diselenggarakan oleh Konfederasi pada 1 Januari 1863.
1862 - Otto von Bismarck menjadi Perdana Menteri Prusia. Ia ditempa konfederasi negara Jerman menjadi bangsa yang kuat, dengan Wilhelm I menjadi Kaiser dari Kekaisaran Jerman baru.
1996 - Australia Bob Dent, korban kanker, menjadi orang pertama yang melakukan hukum bunuh diri yang dibantu, melalui suntikan mematikan, di bawah hukum euthanasia sukarela.
Ulang Tahun - ilmuwan Inggris Michael Faraday (1791-1867) lahir di Surrey, Inggris. Penemuannya induksi elektromagnetik membuktikan bahwa magnet bergerak melalui kumparan kawat menghasilkan arus, sehingga dalam pengembangan generator listrik.

23 September  
Hari Penting Indonesia - Peringatan Hari Bahari
1846 - Urbain Le Verrier menemukan Neptunus.
1932 - Kerajaan Hijaz dan Nejd dinamakan menjadi Kerajaan Arab Saudi.
1915 - Ultah Clifford Shull, fisikawan Amerika Serikat, penerima Penghargaan Nobel dalam Fisika  Meninggal Pada Tahun 2001
1865 - Ultah Richard Adolf Zsigmondy, kimiawan kelahiran Austria, penerima Penghargaan Nobel dalam Kimia Meninggal Pada Tahun 1929
23 September - Autumn (. 23 September - 21 Desember) dimulai di belahan bumi utara dengan equinox musim gugur, di 01:37 EDT. Di belahan bumi selatan hari ini adalah awal musim semi.
1952 - Wakil presiden calon Richard Nixon disampaikan Checkers nya Pidato di televisi dan radio ke alamat tuduhan kejahatan keuangan.
1991 - Armenia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Uni Soviet.
Ulang Tahun - wartawan Amerika dan komentator berpengaruh, Walter Lippmann (1889-1974) lahir di New York. "Tanpa kritik dan laporan yang dapat diandalkan dan cerdas, pemerintah tidak bisa mengatur," ia pernah menyatakan.
Ulang Tahun - Friedrich von Paulus (1890-1957) lahir di Breitenau, Jerman. Pada tahun 1942, Adolf Hitler memilih Paulus, seorang petugas meja, untuk memimpin Jerman 6 Angkatan Darat dalam serangan habis-habisan terhadap Stalingrad, jauh di dalam Rusia. Meskipun pasukannya merebut sebagian dari Stalingrad, mereka menjadi terjebak dalam kota. Pada tanggal 31 Januari 1943, hari Hitler membuatnya panglima, Paulus menyerah kepada Rusia, menandai kekalahan besar pertama tentara Hitler. Setelah perang, Paulus muncul sebagai saksi untuk penuntutan Rusia di Nuremberg percobaan kejahatan perang.

24 September
1948 - Perusahaan kendaraan Jepang, Honda, didirikan.
1973 - Guinea-Bissau menyatakan kemerdekaan dari Portugal.
Hari Tani Nasional untuk memperingati penetapan Undang-Undang Dasar Pokok Agraria pada tahun 1960
1905 - Ultah Severo Ochoa, biokimiawan Amerika Serikat kelahiran Spanyol, penerima Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran Meninggal Pada Tahun 1993
1526 - Pangeran Samudera, raja pertama Kerajaan Banjar memeluk Islam, tanggal ini dijadikan Hari Jadi Kota Banjarmasin.
1957 - Presiden Dwight Eisenhower memerintahkan Garda Nasional untuk menegakkan integrasi rasial dari sekolah di Little Rock, Arkansas.
1980 - Perang meletus antara Iran dan Irak sebagai tentara Irak menyeberangi perbatasan dan dikelilingi Abadan, kemudian membakar kilang minyak terbesar di dunia.
Ulang Tahun - John Marshall (1755-1835) lahir di Germantown, Virginia. Dia diangkat oleh Presiden John Adams untuk posisi Ketua Mahkamah Mahkamah Agung AS pada Januari 1801. Dia dikenal sebagai "The Great Ketua MK," sebagian besar bertanggung jawab untuk memperluas peran Mahkamah Agung melalui kasus seperti Marbury vs Madison dan McCulloch vs Maryland.
Ulang Tahun - penulis Amerika F. Scott Fitzgerald (1896-1940) lahir di St Paul, Minnesota (seperti Francis Scott Key Fitzgerald). Terkenal karena ini Side of Paradise, The Great Gatsby dan Tender Night.
Ulang Tahun - Dalang Jim Henson (1936-1990) lahir di Greenville, Mississippi. Dia menciptakan Muppets, termasuk Kermit the Frog, dan Bert dan Ernie, menghibur dan mendidik generasi anak-anak melalui acara TV setiap hari Sesame Street.

25 September
1644 - Ultah Ole Christensen Roemer, ahli astronomi dari Denmark Wafat Pda Tahun 1710
1918 - Ultah Franco Modigliani, ekonom kelahiran Italia, penerima Penghargaan Nobel dalam Ilmu Ekonomi wafat tahun 2003
1810 - Herman Willem Daendels meresmikan pindahnya kota Bandung yang dipimpin Bupati R.A. Wiranatakusumah II. Hari ini kemudian diperingati sebagai hari jadi kota Bandung.
1513 - penjelajah Spanyol Vasco Nunez de Balboa pertama kali terlihat Samudra Pasifik setelah melintasi Tanah Genting Panama.
1690 - Surat kabar Amerika pertama diterbitkan. Edisi tunggal Publick Kemunculan Kedua asing dan Domestick muncul di Boston, Massachusetts. Namun, pemerintah Inggris dianggap ofensif koran dan memerintahkan penindasan terdekatnya.
1789 - Pertama Kongres AS diusulkan 12 Amandemen Konstitusi, sepuluh di antaranya, yang terdiri dari Bill of Rights, yang diratifikasi.
Ulang Tahun - penulis Amerika William Faulkner (1897-1962) lahir di New Albany, Mississippi. Terbaik dikenal untuk The Sound dan Fury dan The Reivers.
Ulang Tahun - komposer Rusia Dmitri Shostakovich (1906-1975) lahir di St. Petersburg, Rusia. Dia menyaksikan Revolusi Rusia dan kemudian menjadi salah satu komponis Soviet terbesar.

26 September  
1959 - Sumatera dibagi menjadi 3 provinsi, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Tengah, dan Sumatera Selatan.
1959 - Daerah Istimewa Yogyakarta dijadikan provinsi, di bawah pemerintahan Sultan Hamengkubuwono IX.
1687 - The Acropolis di Athena diserang oleh tentara Venesia berusaha untuk mengusir orang Turki, yang mengakibatkan kerusakan berat pada Parthenon.
1918 - Pertempuran besar terakhir Perang Dunia I, Pertempuran Argonne, mulai sebagai kekuatan gabungan dari Perancis dan Amerika menyerang Jerman di sepanjang depan 40 mil.
1960 - Perdebatan presiden pertama kalinya di televisi terjadi antara kandidat presiden John F. Kennedy dan Richard Nixon M.. Banyak yang menyaksikan cenderung untuk mengatakan 'won' Kennedy perdebatan, sementara mereka yang hanya mendengarkan radio berpikir Nixon melakukan yang lebih baik. Nixon, yang menolak untuk menggunakan makeup, muncul agak kuyu mencari di TV berbeda dengan Kennedy.
1984 - Inggris setuju untuk mengizinkan Hong Kong untuk kembali ke kedaulatan Cina pada tahun 1997.
Ulang Tahun - legenda rakyat Amerika Johnny Appleseed (1774-1845) lahir di Leominster, Massachusetts (John Chapman). Selama 40 tahun, ia melakukan perjalanan melalui Ohio, Indiana dan ke Illinois, menanam kebun. Dia adalah seorang teman untuk binatang liar dan dianggap sebagai "besar obat manusia" oleh penduduk asli Amerika.
Ulang Tahun - Penulis T.S. (Thomas Stearns) Eliot (1888-1965) lahir di St. Louis, Missouri. Dia menolak ayat konvensional dan bahasa yang mendukung kebebasan berekspresi.
Ulang Tahun - Komposer George Gershwin (1898-1937) lahir di Brooklyn, New York. Seiring dengan saudaranya Ira, ia menciptakan lagu abadi termasuk The Man I Love, Pukullah Up Band, I Got Rhythm dan opera Porgy and Bess.

27 September
1871 - Ultah Grazia Deledda, penulis Italia, penerima Penghargaan Nobel dalam Sastra Meninggal Pada Tahun 1926
1918 - Ultah Martin Ryle, ahli astronomi radio Inggris, penerima Penghargaan Nobel dalam Fisika Pada Tahun 1984
Hari Pos Telekomunikasi Telegraf (PTT) Hari Bakti Postel Indonesia
1917 - Edgar Degas, pelukis dan pematung asal Perancis Lahir Pada Tahun 1834
1986 - Cliff Burton, Bassis grup musik thrash metal Metallica Lahir Pada Tahun1962
1945 - Para pemuda dari Angkatan Muda PTT merebut kantor pusat PTT (Post, Telegraf dan Telepon) di Gedung Sate, Bandung dari pemerintah militer Jepang. Sementara itu, koran Kedaulatan Rakyat didirikan di Kota Yogyakarta.
1964 - Setelah penyelidikan 10 bulan, Laporan Komisi Warren dikeluarkan menyatakan seorang pria bersenjata sendirian bertanggung jawab atas pembunuhan Presiden John F. Kennedy di Dallas pada November 22, 1963.
1995 - Kabinet Israel setuju untuk memberikan Palestina kontrol banyak Tepi Barat yang telah diduduki oleh Israel selama 28 tahun.
Ulang Tahun - Amerika pemimpin revolusi Samuel Adams (1722-1803) lahir di Boston, Massachusetts. Dia adalah seorang pria vokal bergairah yang membantu menyalakan revolusi dan menjabat sebagai delegasi untuk Pertama dan Kedua Kontinental Kongres. Dia adalah seorang penandatangan Deklarasi Kemerdekaan dan Anggaran Konfederasi.
Ulang Tahun - Amerika kartunis politik Thomas Nast (1840-1902) lahir di Landau, Jerman. Dia berasal simbol untuk dua partai utama AS politik, keledai Demokrat dan Republik gajah. Nast juga berperan dalam menghancurkan Tweed Ring, sekelompok politisi korup menjarah perbendaharaan New York City.

28 September  
1945 - Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI) didirikan setelah pengambilalihan kekuasaan perkeretaapian di Indonesia dari pihak militer Jepang.
1966 - Indonesia diterima kembali di Perserikatan Bangsa-Bangsa, setelah keluar dari organisasi ini pada 20 Januari 1965 akibat konfrontasi dengan Malaysia.
1066 - The penaklukan Norman dari Inggris mulai sebagai Duke William dari Normandia mendarat di Pevensey, Suss3x.
1542 - California ditemukan oleh navigator Portugis Juan Rodriguez Cabrillo setibanya di San Diego Bay.
1746 - Ultah Sir William Jones, penemu rumpun bahasa Indo-Eropa dan pencetus ilmu perbandingan bahasa Meninggal Pada Tahun 1794 karena sakit
1852 - Ultah Henri Moissan, kimiawan Perancis, penerima Penghargaan Nobel dalam Kimia Meninggal Pada Tahun 1907
1927 - Willem Einthoven Meninggal seorang yang pernah Menerima Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran dia lahir pada tahun 1860
1978 - Paus Yohanes Paulus I meninggal setelah hanya 33 hari di kantor. Ia digantikan oleh Yohanes Paulus II.
1995 - Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin dan pemimpin Palestina Yasser Organisasi Pembebasan Arafat menandatangani kesepakatan di Gedung Putih mendirikan pemerintahan sendiri Palestina di Tepi Barat.

29 September
1789 - Kongres dibuat Angkatan Darat Amerika Serikat, yang terdiri dari 1.000 laki-laki terdaftar dan petugas.
1829 - Pasukan polisi London yang kelak dikenal sebagai Scotland Yard mulai bertugas
2012 - Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.
1765 - Ultah Karl Ludwig Harding, astronom Jerman, dan penemu asteroid 3 Juno Meninggal Pada Tahun 1834
1901 - Ultah  Enrico Fermi, fisikawan Italia-Amerika, penerima Hadiah Nobel dalam bidang fisika Meninggal Pada Tahun 1954
1931 - Ultah  James Watson Cronin, fisikawan nuklir Amerika Serikat, penerima Penghargaan Nobel.
1927 - Willem Einthoven Meninggal Bapak fisikawan Belanda, penerima Penghargaan Nobel lahir 1860
Hari Sarjana Indonesia

30 September
1744 - Perancis dan Spanyol mengalahkan kerajaan Sardinia.
1861 - Heinrich Louis d'Arrest menemukan galaksi NGC 1
1965 - Gerakan 30 September (G30S PKI): enam jenderal dan perwira menengah TNI-AD serta seorang prajurit Polri diculik, lalu dibunuh dan dibuang di Lubang Buaya, Jakarta, Indonesia.
1966 - Seretse Khama menjadi presiden pertama Botswana setelah wilayah protektorat Bechuanaland meraih kemerdekaan dari Inggris.
2005 - Surat kabar Denmark Jyllands-Posten memuat karikatur Nabi Muhammad yang mengundang reaksi keras dari umat muslim seluruh dunia.

source id.wikipedia.org
itulah beberapa catatan Daftar Peristiwa Penting Di Bulan September,tai untuk hari libur dan juga perayaan agama islam,kristen,hindu dan budha serta yahudi tidak kami cantumkan Demikianlah singkat Kata postingan dari kuakap.com, Semoga Bisa Berguna Dan bermanfaat,terimakasih  Baca juga Hari Merdeka Negara-Negara Di Seluruh Dunia
Title : Daftar Peristiwa Penting Di Bulan September Mulai Tanggal 1-30 September
Posted by : kyu enda Rating 5 Star Published : 2015-09-01T10:09:00+07:00
loading...
 
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site
loading...